TutorialComunity: Minimim Kecepatan download dan Bandwidth Internet

Friday 24 February 2017

Minimim Kecepatan download dan Bandwidth Internet

Assalamu'alaikum WR.WB.baiklah dalam kesempatan kali ini saya akan coba memposting tentang seberapa sih batas minimum untuk kecepatan internet yang bisa di gunakan untuk mendownload sebuah file atau pun video,okay kita langsung saja ke TKP.....

Kebanyakan provider internet di indonesia, terlalu banyak menawarkan berbagai bonus saat promosinya dengan berbagai penawaran tampa mempertimbangkan kepuasan pemakainya,dan kebanyakan orang hanya melihat kecepatan puncak dari trafict tampa beban.

yang harus dipahami  bagi pengguna internet adalah seberapa besar kecepatan rata-rata koneksi Internet dari  penyelengara internet (ISP) ?
ditambah dengan penawaran dari ISP yang menulis dengan kapital “UP TO” (maksudnya mungkin speed nya bisa lebih besar dari kapasitas standar). Itulah sebabnya ada hal yang harus di perhatikan dalam pengukuran kecepatan akses internet ini,dalam  pengetesanya ada point yang kadang membuat kita menjadi bingung, sehingga perlu di ketahui hasil ukur  kecepatan aksesnya.

Ukuran baku yang umum di indonesia adalah dengan menentukan  besaran Banwidht adalah bps (bit per second), dan 1 Byte = 8 bit Bila koneksi kita 512 kbps maka kecepatan kita sebernarnya adalah
512 kbps : 8 bit = 64 kBps, jadi akses download maksimal (kecepatan puncaknya)  64 kBps
bila di lihat kasus diatas om mamang hanya punya akses 153 kbps :8 = 19 kBps saja, itupun pada kondisi puncak. kalo itung-itungan saya itu :
1 kB = 1024 byte
1 MB = 1024 kB
1 GB = 1024 MB
1 GB = 1024 x 1024 x 1024 = 1073741824 byte
atau mendekati 1.000.000.000 byte (1 milyar byte)
file yang di akan di download  3.5 GB jadi :
3.5 GB =3584 MB = 3670016 kBps
3670016 kBps :60 sec =61167 mnt =1019 jam = 42.5 hari
yang artinya anda harus nunggu dua minggu lagi dari sekarang untuk 100% complete
(mungkin ada  itungan lain bisa di compare)

Bandwidth yang disewa dari provider dan paket apa yang disewa. Ini juga akan mempengaruhi hasil pengukuran kecepatan akses internet. Beberapa paket yang lazim digunakan :

– Paket Dedicated rasio 1:1, Misal pelanggan berlangganan internet dedicated 512kbps 1:1, maka Bandwidth 512 kbps menjadi hak penuh satu pelanggan dan tidak dibagi dengan pelanggan lain.

– Paket Dedicated rasio 1:2, misal pelanggan berlangganan internet dedicated 512 kbps 1:2, maka bandwidth 512 kbps dipakai secara bersamaan  untuk dua pelanggan. dua pelanggan bersaing dalam menggunakan bandwidth 512 kbps. Semakin besar pembaginya semakin menurun bandwidth yang diperoleh, namun semakin murah harganya.

Paket Burstable atau Up to, sejumlah bandwith dengan ukuran tertentu dibagi pakai untuk banyak pelanggan. Misal paket Up to 1 Mbps. Satu pelanggan bisa memperoleh bandwidth sampai satu mega bit per second, tetapi biasanya tidak ada garansi minimal bandwidth yang diperoleh. Contoh paket ini adalah telkom speedy. Jadi jangan berharap terlalu banyak memperoleh nilai ukur yang sebesar maksimal yang diberikan. Kalau bisa sampai maksimal keuntungan bagi anda. Dengan lebih sering mengukur kecepatan akses internet paket ini dapat memberikan gambaran rata-rata kecepatan yang diperoleh.

Setelah beberapa hal diatas kita mengerti dan fahami saatnya mengukur kecepatan internet. Seberapa jauh kecepatan akses internet antara harapan dan kenyataan dapat dimengerti. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, masing-masing cara memiliki kekurangan dan kelebihan. Menurut saya pakailah beberapa cara dan lakukan dalam beberapa kali pengukuran. Kesimpulan bisa diambil jika sudah dilakukan pengukuran beberapa kali.

1. Test Download File yang cukup besar dari beberapa server tertentu.
Melakukan test download merupakan cara mengukur kecepatan akses internet yang simple dan cukup realible. Hasilnya dapa t dilihat dengan melihat transfer rate pada pop-ip windows.
Saya contohkan downlod dari :  http://www.kernel.org/pub/linux/kernel/v2.6/linux-2.6.11.7.tar.gz
File kernel Linux sebesar 44,4 Mb.
Anda Bisa melakukan download file lain yang lebih besar misal video dari server lain atau dari Rapidshare, search file yang akan di download melalui INEEDFILE. Lokasi mencari file untuk di download yang cukup bisa diandalkan, selain torent search. Contoh Result dari Kernel.org ada di gambar bawah:

Diperoleh transfer rate sebesar 119 KB/Sec, ingat satuannya adalah Byte Per Second, yang berarti Banhwidth yang diperoleh dari ISP adalah 119 KBps x8 = 952 kbps.

2. Tes speed Test dari server penyedia tool untuk bandwidt testing, misal speedtest.net.
Pengukuran melalui speedtest.net bisa memilih tujuan server untuk melakukan tes kecepatan bandwidth Hasilnya berupa nilai kecepatan upload dan download, seperti gambar yang saya coba test ke server di USA. Mengukur kecepatan akses internet dengan cara ini juga cukup bagus.
Ini adalah hasil test ditempat saya, dengan kecepatan akses yang stabil 100 Mbps, saya pikir bisa melewati angka 0 Mb/s tapi nyatanya, sulit banget, apalagi yang aksesnya kisaran 512 kbps kebawah..


3. Dengan Tool tester yang disediakan oleh provider internet atau Volunter, Ada banyak penyedia Internet Speed test server selain no 2 diatas, baik di dalam maupun diluar Indonesia. Mengukur kecepatan akses internet dari server-server ini menunjukkan kualitas link dari tempat anda ke Server tersebut. Bila kita berlangganan speedy dan melakukan tes bandwidth ke server speedy bisa jadi hasilnya akan berbeda dengan mengukur kecepatan akses internet di server lain.
Bandwidth Test Indonesia.
Telkom Speedy Speed Test
Indosat 3G Speed Test
Volunter Bandwidth Test
Sijiwae Bandwidth Test

BandwidthTest Luar Indonesia:
Speed Test di Belanda
http://www.beelinebandwidthtest.com
http://www.dslreports.com/speedtest
http://www.bandwidthtest.co.uk

untuk posting selanjutnya saya akan coba menguji file-file torrent secara maksimal
setidaknya bisa menaikan kecepatan akses  beberapa bit dari kondisi sekarang.
okay sekian dulu dari saya semoga bermanfaat..